5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

persiapan mendaftar beasiswa luar negeri, cara mendaftar beasiswa luar negeri, studying abroad

INDBeasiswa.com - Setelah membaca artikel sebelumnya mengenai Mengapa Perusahaan Lebih Menyukai Mahasiswa Lulusan Internasional?, mungkin kebanyakan dari anda semakin mendambakan untuk bisa kuliah di luar negeri. Namun, tak jarang pula keinginan tersebut terbentur oleh karena keterbatasan biaya. Kabar baiknya, dengan persiapan secara matang dan penggunaan strategi yang tepat, setiap orang memiliki kesempatan yang sama besarnya untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri bahkan melalui jalur beasiswa.

Mendapatkan beasiswa memang tidaklah mudah, karena beasiswa hanya bisa didapat bagi mereka yang benar-benar mau berusaha. Banyak orang yang gagal walaupun baru tahap seleksi dokumen. Oleh karena itu, sebelum anda benar-benar memutuskan untuk menjadi pelamar beasiswa luar negeri, ada baiknya anda memperhatikan point-point berikut:

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

persiapan mendaftar beasiswa luar negeri
Are You Ready to Study Abroad?

1. Ketahui Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Jika negara tujuan anda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar studi atau bahasa sehari-hari, dan anda merasa bahwa kemampuan bahasa Inggris anda masih belum mumpuni, maka sebaiknya anda mengambil program kursus singkat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Namun jika tidak ada masalah dengan bahasa Inggris, anda bisa langsung mengikuti tes TOEFL atau IELTS. Hampir kebanyakan beasiswa luar negeri membutuhkan skor TOEFL minimal 550. Jika skor TOEFL yang didapatkan tidak mencapai nilai skor minimal yang ditentukan, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan pada artikel berikut: 5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dengan Skor TOEFL Rendah.

2. Sebaiknya Anda Mempunyai Pengalaman Berorganisasi

Beberapa penyedia beasiswa seringkali menjadikan pengalaman berorganisasi para pelamar sebagai salah satu acuan seleksi. Oleh karena itu, pengalaman berorganisasi pun menjadi sangat penting. Organisasi tidak melulu hanya di lingkungan kampus atau sekolah, di dalam lingkungan masyarakat pun pengalaman organisasi juga tidak kalah pentingnya.

3. Menentukan Pilihan Kampus

Sebelum memutuskan untuk mencari beasiswa, anda perlu mencari kampus yang menjadi tujuan destinasi anda. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan kampus pilihan anda dengan jurusan yang anda inginkan. Anda juga dapat membaca beberapa artikel berikut sebagai bahan referensi:
- Tips Bagaimana Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat
- Tips Memilih Program Pascasarjana
- Bisakah Mengambil Studi S2 atau S3 yang Berbeda Jurusan dengan S1 (Non-Linear)?
- Kuliah di Luar Negeri? Ini Tips untuk Memilih Negara Tujuan yang Tepat!

4. Menyiapkan CV dengan Format yang Sistematis

Jika diibaratkan Curriculum Vitae atau CV seperti proposal mengenai diri Anda. Sebaiknya buatlah CV yang sistematis tanpa harus berbohong. CV yang baik memiliki peranan yang penting dalam proses seleksi dokumen.

5. Menyiapkan Statement of Purpose (SOP) yang Matang

Sebelum sesi wawancara beasiswa, sebaiknya anda juga menyiapkan jawaban apabila terdapat pertanyaan mengapa anda layak untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tersebut. Pastikan pernyataan tersebut harus fokus, jelas, dan tidak berlebihan.
Bahasa Tubuh Anda Tidak Bisa Berbohong Saat Wawancara Beasiswa

Selamat mencoba!
Baca Juga:
Chevening Scholarships 2016/2017 Masih Dibuka Sampai Awal November! Daftarkan Diri Anda Segera untuk Kuliah di Inggris
Daftar Beasiswa Program S1
Daftar Beasiswa Program S2
Daftar Beasiswa Program S3
Daftar Beasiswa Dalam Negeri untuk S1, S2, dan S3

© Copyright 2015 - 2017 INDBeasiswa. All Rights Reserved.

Templateism