kuliah luar negeri di hong kong, study abroad, cara masuk kuliah di hong kong, mendapatkan beasiswa di hong kong

INDBeasiswa.com – Memilih kuliah setelah lulus SMA memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan apalagi kalau menginginkan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Banyaknya faktor pertimbangan membuat lulusan SMA harus berpikir panjang sekali, mulai dari kondisi finansial, faktor dukungan keluarga, bahasa, budaya, kualitas universitas, isu universitas, makanan dan beragam masalah lainnya.

senangnya-bisa-kuliah-di-luar-negeri-hong-kong-hkust
sumber gambar HKUST via en.wikipedia.org

Biasanya dalam hal ini faktor dukungan keluarga yang akan memberi peranan cukup besar untuk menentukan jadi atau tidaknya untuk kuliah di luar negeri. Misalnya saja karena jaraknya yang terlalu jauh juga kecemasan karena tidak ada keluarga lain yang tinggal disana dan beragam pertimbangan lainnya.

Menurut Jeffrey yang sekarang kuliah di Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) membeberkan cerita yang tidak jauh berbeda walau sudah diberikan kebebasan oleh keluarganya untuk kuliah dimana saja.  Ia mengatakan bahwa kedua orang tuanya juga sedikit cemas padanya karena memilih HKUST ketimbang NTU atau NUS. Orang tuanya menilai bahwa bila kuliah di NTU atau NUS merupakan salah satu universitas terkenal dan juga lulusan dari kedua universitas tersebut akan mudah dalam mencari pekerjaan serta relasi yang cukup banyak bila kuliah disana.

senangnya-bisa-kuliah-di-luar-negeri-hkust-hong-kong
sumber gambar HKUST via www.bloomberg.com

Memang hal tersebut juga tidak sepenuhnya salah, namun Jeffrey mengatakan bahwa akan lebih baik bila seorang anak yang memilih universitas tempat ia ingin belajar sehingga ia akan lebih puas dan juga menghasilkan perfoma belajar yang sangat bagus.

Alasan kenapa Jeffrey memilih untuk kuliah di Hong Kong adalah karena letak geografisnya yang tidak terlalu jauh dan dekat dengan Indonesia. Hong Kong dikenal cukup urbanized. Pendidikannya pun tidak kalah bagus dibandingkan negara lain, misalnya saja Singapura. Lingkungannya juga sangat mendukung untuk menjadi entrepreneur di bidang startup dan banyak perusahaan asing yang mendirikan perusahaannya disana.

Baca juga:

Berbagi pengalaman kuliah di Hong Kong
Tips sukses menghadapi IELTS
IPK & bahasa Inggris pas-pasan tapi mau kuliah diluar negeri! Tenang ada caranya

Soal biaya pendidikan di HKUST tidak semahal di Australia, Amerika atau Singapura. Terlebih lagi kalau nilai mata uang Indonesia yang kian memburuk.

Untuk masuk ke HKUST kamu cuma harus melengkapi beberapa hal yaitu nilai raport SMA, Hasil UAN, Ijasah SMP, surat rekomendasi, hasil mengikuti TOEFL/ SAT/ IELTS dan Personal statement. Bisa juga dengan menggunakan IB/A Level dengan keuntungan yang kamu dapat adalah mata kuliah yang harus kamu selesaikan akan dikurangi.
Bagaimana dengan beasiswa? Hong Kong menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswanya tanpa ikatan dinas. Peluang semakin besar jika sudah menyelesaikan ujian A Level atau IB level dengan hasil yang sangat baik.

Dilansir dari indonesiamengglobal.com, Jeffrey juga mengatakan bahwa ada hal unik yang bisa kamu dapatkan ketika kuliah di HKUST yaitu pemandangannya yang sangat bagus sekali bila di pagi hari. Sunrise yang bakal kamu lihat seperti di pantai jika dilihat dari dorm kampus.

Sekarang Jeffrey telah menjadi Electrical Engineering Undergraduate di KHUST dan menjadi duta universitas tersebut. Ia juga sangat tertarik dengan teknologi, perusahaan startup dan juga entrepreneurship.

Bagaimana? Apa kalian juga tertarik mengikuti jejak Jeffrey? 🙂