INDBeasiswa.com – Ada program beasiswa menarik buat kamu mahasiswa baru (semester 1) yang sedang mencari bantuan dana untuk membiayai perkuliahanmu. PROGRAM TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) adalah inisiatif dari Tanoto Foundation dalam membangun generasi unggul dan pemimpin masa depan yang tangguh untuk berkontribusi membawa dampak positif untuk Indonesia. Melalui Beasiswa Tanoto Foundation Program TELADAN, para peserta terpilih akan mendapatkan dukungan biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, dukungan pengembangan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur, kesempatan pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, serta berbagai sarana kolaborasi dan jejaring. Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa Tanoto Foundation Program TELADAN untuk Mahasiswa Semester 1

Peserta yang dapat mengikuti program TELADAN adalah mahasiswa semester pertama dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation yang mempunyai prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan.

PERGURUAN TINGGI MITRA BEASISWA TANOTO FOUNDATION PROGRAM TELADAN:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Andalas (UNAND)
  4. Universitas Brawijaya (UB)
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  6. Universitas Indonesia (UI)
  7. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  8. Universitas Riau (UR)
  9. Universitas Sumatera Utara (USU)

CAKUPAN BEASISWA TANOTO FOUNDATION PROGRAM TELADAN:

  1. Tanoto Foundation akan menanggung seluruh biaya kuliah yang dibayarkan secara penuh dan langsung kepada perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation hingga maksimal semester 8.
  2. Tunjangan biaya hidup bulanan yang dibayarkan langsung kepada penerima beasiswa (Tanoto Scholars) hingga semester 8.
  3. Dukungan Pengembangan Kepemimpinan
    Para penerima beasiswa (disebut juga Tanoto Scholars) akan bersama-sama mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepemimpinan yang dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 3 tahapan kurikulum program TELADAN. Masing-masing tahapan mencakup pengetahuan baru, pengembangan diri sebagai pemimpin, pembelajaran berbasis proyek, serta persiapan pengembangan karier, yang disertai dengan kesempatan berkontribusi kembali untuk masyarakat.
  4. Dukungan Lingkaran Pengembangan TELADAN
    Tanoto Scholars juga akan mendapatkan dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN, meliputi:
    a. Tanoto Scholars Association (TSA) : hadir di setiap perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation sebagai wadah/komunitas untuk para penerima beasiswa Program TELADAN bertemu dan berinteraksi sebagai 1 keluarga baru.
    b. Tanoto Scholars Gathering (TSG) : kegiatan yang mempertemukan seluruh Tanoto Scholars untuk melakukan kegiatan pengembangan diri, sebagai transisi dari tahapan Lead Self ke Lead Others.
    c. Tanoto Student Research Award (TSRA) : kegiatan tahunan berupa dukungan dana dan pelatihan riset bagi mahasiswa di perguruan tinggi mitra, dan terbuka untuk mahasiswa di perguruan tinggi mitra tersebut.
    d. Pay it Forward Initiative: kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara langsung dan terus-menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar tempat mereka tinggal.
    e. Internship : kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman magang di Tanoto Foundation, di kelompok perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), ataupun mitra industri lainnya.
    f. Sponsorship : kesempatan bagi para Tanoto Scholars untuk mendapatkan dukungan finansial tambahan guna mengikuti kompetisi, konferensi, maupun sertifikasi pengembangan kompetensi untuk persiapan karir baik di dalam maupun di luar negeri.
    g. Global Experiences Program : kesempatan bagi para Tanoto Scholar berprestasi untuk mendapatkan pengalaman global dan membangun jejaring internasional melalui program jangka pendek di luar negeri, seperti summer course, exchange program, volunteering, dan lainnya.
  5. Jaringan Alumni di Indonesia dan Dunia
    Setelah lulus, Tanoto Scholars akan bergabung bersama dengan jaringan alumni penerima beasiswa Tanoto Foundation yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya. Dalam jaringan alumni, selain terkoneksi untuk saling menginspirasi satu sama lain, juga ada kegiatan pengembangan profesional atau peningkatan kapasitas seiring kebutuhan perkembangan dunia.

Baca Juga

PERSYARATAN BEASISWA TANOTO FOUNDATION:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa/i reguler program Sarjana (S1) semester 1 pada salah satu perguruan tinggi mitra Beasiswa Tanoto Program TELADAN yang disebutkan di atas.
  3. Berkomitmen mengikuti Program Pengembangan Kepemimpinan selama masa Program TELADAN (Semester 2 – Semester 8).
  4. Mampu menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  5. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya akan menjadi nilai tambah.
  6. Mempunyai prestasi akademik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas 12 SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10) dan non-akademik seperti pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.
  7. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.

Baca Juga: Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1 On-Going

CARA MENDAFTAR:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Tanoto Program TELADAN, peserta dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: https://form.jotform.com/232131221367444.
  2. Isi formulir online dengan data-data yang diminta.
  3. Apabila ada pertanyaan terkait pengisian formulir pendaftaran bisa dibaca terlebih dulu pada link berikut: https://www.tanotofoundation.org/id/tanya-jawab-teladan.
  4. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 1 OKTOBER 2023.

TIMELINE SELEKSI BEASISWA TANOTO PROGRAM TELADAN 2023:

  1. Batas Waktu Pendaftaran: 1 Oktober 2023
  2. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 6 s/d 10 Oktober 2023
  3. Seleksi tahap 1: 12 s/d 18 Oktober 2023
  4. Pengumuman hasil tahap 1: 1 s/d 7 November 2023
  5. Seleksi tahap 2: 13 s/d 15 November 2023
  6. Pengumuman hasil tahap 2: 21 s/d 26 November 2023
  7. Seleksi tahap 3: 4 s/d 22 Desember 2023
  8. Pengumuman penerima beasiswa terpilih: 25 s/d 31 Januari 2024

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Tanoto untuk Mahasiswa S1, dapat menghubungi kontak berikut:
Tanoto Foundation
JI. M.H. Thamrin No. 31
Jakarta 10230
Telp. 021-3923189
Email: info@tanotofoundation.org
Instagram: @tanotoeducation
Sumber Informasi Resmi: https://www.tanotofoundation.org/id/teladan-2024/

Bagikan juga ke teman-teman yang butuh info ini. Semoga bermanfaat!