INDBeasiswa.com – Bagi kamu yang sedang mencari Beasiswa untuk Mahasiswa On-Going, berikut ini INDBeasiswa telah merangkum Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1 yang rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh berbagai penyedia beasiswa. Beberapa di antaranya telah ditutup, namun ada kesempatan untuk mencoba di tahun berikutnya.

Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1 On-Going

Beasiswa untuk mahasiswa S1 sendiri terdiri dari berbagai macam, ada yang merupakan beasiswa dalam negeri, dan ada juga beasiswa luar negeri. Beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun Diploma jumlahnya sebenarnya cukup banyak, namun memang dibutuhkan usaha untuk mencarinya. Berikut ini merupakan daftar beasiswa untuk mahasiswa s1 maupun Diploma yang umumnya dibuka setiap tahun dengan jumlah kuota serta nilai beasiswa yang berbeda-beda.

1. BEASISWA BANK INDONESIA (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SAAT INI SEDANG DIBUKA)

Beasiswa Bank Indonesia ditawarkan oleh Bank Indonesia untuk mahasiswa jenjang Sarjana (S1) di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Beasiswa Bank Indonesia tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup. Para penerima Beasiswa BI juga diwadahi oleh komunitas dan nantinya akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan supaya mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.

2. DJARUM BEASISWA PLUS (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program Djarum Beasiswa Plus ditawarkan oleh Djarum Foundation bagi mahasiswa/i berprestasi di Indonesia. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan dana senilai Rp 1.000.000,- setiap bulan selama 1 tahun serta berbagai kegiatan pembekalan soft skills.

3. BEASISWA YBM BRI (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI) merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Program yang diselenggarakan oleh YBM BRI meliputi pendidikan, sosial, kesehatan, dan ekonomi. Salah satu program unggulan YBM BRI dalam bidang pendidikan adalah SMART Scholarship. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa tunjangan prestasi sebesar Rp 500.000,- per bulan selama 1 tahun, peningkatan soft skill, networking, dll. Salah satu persyaratannya yaitu merupakan mahasiswa/i semester 2 dari kampus yang bermitra dengan Program Beasiswa YBM BRI Smart.

4. BEASISWA KARYA SALEMBA EMPAT (KSE) (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SEDANG DIBUKA)

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) ditawarkan oleh Yayasan Salemba Empat untuk mahasiswa S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester 2. Bantuan beasiswa untuk mahasiswa S1 ini diberikan dalam bentuk tunjangan biaya hidup senilai Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang di tahun berikutnya. Tidak hanya itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan berbagai program pembinaan seperti Tatap Muka, Leadership Program, Seminar, Workshop dan Coaching yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam pengembangan diri nantinya. Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 tahun 2022 saat ini sedang dibuka. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 25 APRIL 2022.

5. BEASISWA MIZAN (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Mizan Publisher setiap tahunnya secara rutin memberikan Beasiswa Mizan untuk membantu pendanaan tugas akhir studi (skripsi, tesis atau disertasi) bagi mahasiswa semester akhir yang berada di Indonesia. Diharapkan dengan diadakannya Program Beasiswa Mizan dapat menyokong semangat kreatifitas dan kualitas berkarya para calon cendekia Indonesia. Persyaratan untuk mengikuti beasiswa Mizan adalah penelitian karya akhir harus bertemakan studi keislaman, ditinjau dari pelbagai aspeknya (ajaran, teks filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains dan lain-lain).

6. BEASISWA CARGILL GLOBAL SCHOLARS (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SEDANG DIBUKA)

Cargill secara rutin menawarkan Program Beasiswa Cargill Global Scholars, sebuah program beasiswa untuk mahasiswa S1 tingkat dua (semester 3-4) di Indonesia. Cakupan beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Cargill ini diberikan dalam bentuk bantuan dana senilai $2,500 setiap tahun, mengikuti seminar kepemimpinan dan mendapatkan bimbingan dari salah satu pemimpin Cargill. Pada tahun 2021, terdapat 10 perguruan tinggi yang menjadi partner Beasiswa Cargill. Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 tahun 2022 saat ini sedang dibuka. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 20 MEI 2022.

Baca Juga

7. BEASISWA BCA FINANCE (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beasiswa BCA Finance ditawarkan oleh pihak BCA Finance Peduli bagi mahasiswa/i di seluruh tanah air. Kelebihan dari beasiswa ini adalah terbuka bagi semua mahasiswa D4 dan S1 dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia. Apabila sedang menjalani atau telah menyelesaikan semester 2 maka beasiswa ini patut kamu coba. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dan D4 ini diberikan dalam bentuk bantuan dana perkuliahan senilai Rp 3.000.000,- per semester. Pendaftaran biasanya telah dimulai pada bulan Mei s/d Juni setiap tahunnya.

8. BEASISWA TOKOPEDIA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Seperti yang telah diketahui, Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa semester 5 yang berasal dari jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Statistika, Teknik Komputer, Teknik Industri atau yang relevan. Cakupan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa biaya perkuliahan selama 2 semester, uang buku, biaya wisuda, serta uang saku selama 1 tahun senilai Rp 3.000.000,- per bulan.

9. BEASISWA VAN DEVENTER-MAAS INDONESIA (VDMI atau VDMS) (Pendaftaran Tahun 2022 sudah ditutup)

Program Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Yayasan VDMI bagi mahasiswa D3, D4 dan S1 di Indonesia. Program ini diberikan dalam bentuk bantuan dana senilai Rp 750.000,- setiap bulan, bonus lulus tepat waktu, bonus TOEFL, serta pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building). Program beasiswa untuk mahasiswa S1, D4 maupun D3 ini bekerjasama dengan 34 Perguruan Tinggi di Indonesia.

10. BEASISWA ORBIT HASRI AINUN HABIBIE (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie yang ditawarkan oleh Yayasan Amal Abadi merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia yang mempunyai potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga.

11. BEASISWA TANOTO FOUNDATION (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Salah satu beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa kamu coba adalah Beasiswa Tanoto Foundation yang ditawarkan dalam skema PROGRAM TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan). Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1 semester 1 yang berkuliah pada perguruan tinggi mitra Beasiswa Tanoto. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Tanoto Foundation ini diberikan dalam bentuk biaya kuliah tiap semester sampai semester 8, tunjangan bulanan, berbagai program pelatihan kepemimpinan, dll.

12. BEASTUDI ETOS (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beastudi Etos yang dikelola oleh Dompet Dhuafa ini ditujukan bagi mahasiswa/i baru PTN di Indonesia. Beasiswa untuk mahasiswa S1 ini diberikan selama delapan semester (4 tahun) berupa bantuan biaya pendidikan, uang saku, asrama mahasiswa selama 2 tahun, pembinaan capacity building selama 4 tahun, dan program magang. Fasilitas yang didapatkan juga meliputi bantuan support prestasi baik dalam maupun luar negeri disertai dengan pembuatan paspor. Biasanya pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Beastudi Etos ini mulai dibuka antara Juni s/d Juli setiap tahunnya.

13. BEASISWA JUARA DARI KOMPAS DAN AVIAN (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program Beasiswa Juara diselenggarakan oleh Harian Kompas bersama Avian Brands berupa beasiswa untuk mahasiswa S1 dari PTN maupun PTS di Indonesia. Beasiswa yang diberikan berupa pembiayaan kuliah selama 2 (dua) semester sebesar total Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Selain itu, program ini juga memberikan pengembangan potensi diri melalui pelatihan keterampilan untuk memperkaya softskill maupun hardskill.

14. BEASISWA BUKALAPAK (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Bukalapak turut menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa kamu coba. Program ini ditawarkan dalam skema BukaBeasiswa dan BukaFigur. Keuntungan yang didapatkan antara lain bantuan biaya kuliah selama 2 semester, uang saku senilai Rp 2.000.000,- per bulan, dan sebagainya. Pada tahun 2018, pendaftaran dibuka sekitar bulan Mei s/d Juni. Apabila pada tahun 2022 program ini kembali dibuka, informasinya akan kami update pada link di bawah ini.

15. BEASISWA PPA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) ditawarkan secara rutin oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan baik di jenjang Diploma maupun Sarjana pada PTN atau PTS di seluruh Indonesia. Para penerima Beasiswa PPA akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 350.000,- per bulan yang diberikan berdasarkan periode tahun anggaran berjalan kepada masing-masing kandidat.

16. BEASISWA CIMB ASEAN (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Salah satu dari daftar beasiswa untuk mahasiswa s1 yang bisa kamu coba adalah Program CIMB ASEAN Scholarships. Beasiswa ini ditawarkan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat yang akan mengambil kuliah S1 di universitas manapun (bisa dalam negeri atau luar negeri) serta mahasiswa S1 yang sedang menjalani perkuliahan di dalam negeri atau luar negeri pada tahun pertama atau tahun kedua. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa beasiswa penuh uang perkuliahan, termasuk pendaftaran, biaya kuliah (tuition fee) dan ujian, uang buku, tunjangan hidup, akomodasi, kesempatan magang, dll.

17. BEASISWA AKTIVIS NUSANTARA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) ditawarkan oleh Dompet Dhuafa bagi mahasiswa S1 semester 7. Program BAKTI NUSA merupakan program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa untuk membentuk pemimpin berkarakter dan kompeten yang berperan aktif di tengah masyarakat demi terwujudunya Indonesia berdaya. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan meliputi dana bantuan aktivitas Rp 800.000,- per bulan selama satu tahun, pelatihan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) selama satu bulan, dan berbagai pelatihan serta pembinaan yang bermanfaat.

18. BEASISWA BAZMA PERTAMINA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program Beasiswa Bazma Pertamina merupakan sebuah program pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai semangat untuk terus tumbuh dan berkembang namun terbatas dalam hal ekonomi. Beasiswa yang diberikan meliputi biaya kuliah/SPP 3 tahun terakhir, uang saku Rp 650.000,- per bulan, program pengembangan diri, dll. Pada tahun 2019, Beasiswa Bazma Pertamina bermitra dengan 14 Perguruan Tinggi di Indonesia.

19. BEASISWA XL FUTURE LEADERS (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program Beasiswa XL Future Leaders merupakan program pelatihan terpadu bagi mahasiswa D4/S1 tingkat 1 – 2 (semester 1 – 4) yang difokuskan pada 3 area kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkiprah di tingkat global. Program ini dibuka untuk mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi (Negeri maupun Swasta) di Indonesia dan dari semua jurusan. Dalam proses seleksinya, peserta tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS).

20. KPMG 4SEAS SCHOLARSHIP (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program KPMG 4SEAS Scholarship ditawarkan oleh KPMG, salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa profesional Audit, Tax, dan Advisory. Beasiswa untuk Mahasiswa S1 ini ditujukan bagi mereka yang sedang berkuliah di bidang Akuntansi atau Bisnis. Program beasiswa KPMG yang diberikan meliputi pembiayaan uang kuliah serta kesempatan magang di kantor KPMG yang berada di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

21. BEASISWA GLINTS (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beasiswa Glints merupakan program rutin dari Glints yang ditujukan untuk membantu mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia dalam mengembangkan karier dan meningkatkan kemampuan sedini mungkin. Mahasiswa D3, D4 dan S1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia bisa mendaftar beasiswa ini. Glints Scholarship memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1, D4, dan D3 dalam bentuk uang tunai senilai Rp 3.000.000,- untuk masing-masing penerima beasiswa. Bantuan dana tersebut bisa digunakan untuk membayar uang kuliah / kursus / tes bahasa / persiapan student exchange, dll.

22. BEASISWA DATAPRINT (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SEDANG DIBUKA)

Program Beasiswa Dataprint ditujukan untuk pelajar SMP, SMA/SMK/Sederajat, serta mahasiswa perguruan tinggi jenjang Diploma (D3 & D4) dan Sarjana (S1) di seluruh Indonesia. Adapun Beasiswa DataPrint 2022 diberikan dalam bentuk bantuan dana dengan nominal: Rp 400 ribu, Rp 700 ribu, dan Rp 1 juta. Dana beasiswa tersebut akan diberikan satu kali bagi masing-masing peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan essay, prestasi dan keaktifan peserta. Pendaftaran Beasiswa Dataprint Tahun 2022 Periode 1 saat ini sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 22 MEI 2022.

23. BEASISWA YAYASAN HADJI KALLA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Yayasan Hadji Kalla secara rutin memberikan bantuan penyelesaian tugas akhir kepada mahasiswa/i perguruan tinggi, khususnya bagi mereka yang berkuliah di perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Selatan. Yayasan Hadji Kalla akan memberikan pembiayaan penuh untuk para peserta terpilih dalam menyelesaikan penelitian/skripsi/tugas akhirnya.

24. BEASISWA MINDO CAMPUS (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Mindo Campus merupakan platform pembelajaran online bagi mahasiswa dan mahasiswi di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Menyadari bahwa kondisi saat ini kurang baik khususnya dari segi ekonomi karena adanya penyebaran Virus Corona (COVID-19), pihak Mindo Campus turut berpartisipasi dalam mengurangi dampak ekonomi tersebut dengan memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1, D4, dan D3 di Indonesia. Beasiswa yang diberikan berupa uang beasiswa sebesar Rp 600.000,- per bulan selama 1 tahun, bimbingan kuliah online gratis, serta mentoring bagi mahasiswa berprestasi.

25. BEASISWA PRIMA BANKALTIMTARA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beasiswa Prima Bankaltimtara merupakan salah satu bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT BPD Kaltim Kaltara pada bidang pendidikan. Beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun D4 ini ditujukan bagi yang sedang menempuh semester 4 dari seluruh program studi di Perguruan Tinggi yang telah bermitra dengan PT BPD Kaltim Kaltara di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Pada tahun 2020, terdapat 21 Perguruan Tinggi yang bekerjasama dalam beasiswa ini.

26. BEASISWA INDOSAT OOREDO DIGITAL CAMP (IDCAMP) (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Indosat Ooredo menyelenggarakan Program Indosat Ooredo Digital Camp (IDCamp) yang bertujuan untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. Program IDCamp dapat diikuti oleh pemuda/i Indonesia berusia kurang dari 29 tahun, termasuk mahasiswa/i yang sedang berkuliah. Melalui program beasiswa IDCamp ini, Indosat Ooredo mengajak generasi muda Indonesia untuk menggeluti bidang teknologi digital dengan memberikan pelatihan online melalui 4 alur belajar utama, yaitu: Android Developer Learning Path, Front-End Web Developer Learning Path, iOS Developer Learning Path, dan Machine Learning Developer Learning Path.

27. BEASISWA CIMB NIAGA UNTUK MAHASISWA S1 SELURUH INDONESIA (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Program Beasiswa CIMB Niaga diselenggarakan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk guna mendukung mimpi para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Beasiswa untuk mahasiswa S1 ini ditawarkan bagi yang sedang menempuh semester 5 di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa bantuan biaya perkuliahan selama 4 semester, biaya pengembangan diri, serta biaya penyusunan skripsi atau penelitian.

28. BEASISWA JABAR FUTURE LEADERS UNTUK MAHASISWA DIPLOMA, S1, S2, DAN S3 (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menawarkan Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship kepada masyarakat Jawa Barat yang merupakan mahasiswa baru maupun yang sedang berkuliah D3, D4, S1, S2, dan S3 dan memiliki prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Program ini memfasilitasi masyarakat Jawa Barat yang berkuliah di pendidikan tinggi dan berada di wilayah Jawa Barat. Pendaftaran untuk tahun 2021 akan segera dibuka. Jika sudah ada informasi resmi pembukaan Beasiswa Jabar Future Leaders akan segera diupdate pada link di bawah ini.

29. BEASISWA RISET BAZNAS UNTUK PENDANAAN SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI (Pendaftaran Tahun 2022 belum dibuka)

Beasiswa Riset BAZNAS ditawarkan oleh Lembaga Beasiswa Baznas untuk membantu dan memudahkan mahasiswa dalam melakukan penelitian ataupun membuat tugas akhir yaitu Skripsi, Tesis, maupun Disertasi. Nominal bantuan dana riset BAZNAS Tahun 2020 yang diberikan, yaitu: S1 – Rp 4.000.000,-; S2 – Rp 7.000.000,-; dan S3 – Rp 10.000.000,-.

30. PENDANAAN PENELITIAN DARI NUTRIFOOD RESEARCH CENTER FELLOWSHIP UNTUK MAHASISWA S1 – S2 (Pendaftaran Tahun 2022 sudah ditutup)

Nutrifood Research Center membuka sebuah program pelatihan dan pendanaan penelitian, yaitu Nutrifood Research Center Fellowship. Nutrifood Research Center (NRC) Fellowship merupakan program pelatihan dan bimbingan kepada mahasiswa S1 dan S2 untuk membekali mereka dengan kemampuan perencanaan dan eksekusi riset yang berkualitas, sehingga dapat bersaing secara global. Sejumlah peserta terpilih akan mendapatkan dana sebesar maksimal Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk merealisasikan proposal penelitian yang diajukan. Penelitian yang didaftarkan untuk NRC Fellowship boleh dijadikan penelitian untuk skripsi/tesis.

31. PROGRAM SEA SCHOLARSHIP INDONESIA UNTUK MAHASISWA S1 (Pendaftaran Tahun 2022 sudah ditutup)

Sea Group, sebuah perusahaan digital yang terdiri dari tiga unit bisnis inti yaitu Garena, Shopee dan SeaMoney, menawarkan Program “Sea Scholarship Indonesia” bagi mahasiswa/i berprestasi yang sedang berkuliah pada perguruan tinggi mitra Beasiswa Sea. Beasiswa untuk mahasiswa S1 ini diberikan dalam bentuk biaya perkuliahan penuh hingga menyelesaikan kuliah, tunjangan per bulan, program magang, dan berbagai program pengembangan diri.

32. BEASISWA GLOBAL UNDERGRADUATE EXCHANGE PROGRAM (GLOBAL UGRAD PROGRAM) (Pendaftaran Tahun 2022 sudah ditutup)

Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD Program) diselenggarakan oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) dengan pendanaan dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS. Program pertukaran mahasiswa D4/S1 ini bersifat beasiswa penuh (FULL Scholarship) dan dilaksanakan selama satu semester pada perguruan tinggi Amerika Serikat yang telah ditentukan.

33. BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI UNTUK MAHASISWA D3, D4 DAN S1 (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SEDANG DIBUKA)

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa D3, D4 dan S1 yang berkuliah di universitas mitra beasiswa. Fasilitas yang akan didapatkan berupa bantuan UKT maksimal sebesar Rp 4.000.000,- tiap semester dan bantuan biaya hidup bulanan sebesar Rp 500.000,-. Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Pertamina Sobat Bumi saat ini sedang dibuka sampai dengan tanggal 17 APRIL 2022.

34. BEASISWA THIESS UNDERGRADUATE SCHOLARSHIP PROGRAM UNTUK MAHASISWA S1 SEMESTER 6 (Pendaftaran Tahun 2022 sudah ditutup)

Thiess Undergraduate Scholarship Program merupakan beasiswa untuk mahasiswa S1 Indonesia yang sedang menempuh semester 6. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan dana selama satu tahun dengan nilai maksimal Rp 15.000.000,- per semester serta dapat mengikuti program magang di seluruh proyek pertambangan Thiess.

35. BEASISWA BAKTI TANI UNTUK MAHASISWA S1 DI PULAU JAWA DAN BALI (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SAAT INI SEDANG DIBUKA)

Program beasiswa untuk mahasiswa S1 ini diselenggarakan oleh TaniFoundation dan Yayasan Khouw Kalbe dalam bentuk bantuan biaya pendidikan Rp 6.000.000,- per semester hingga lulus serta program pengembangan diri dalam bidang pertanian. Peserta yang dapat mendaftar adalah mereka yang mengambil program studi yang dapat bermanfaat bagi sektor pertanian, seperti pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, teknik pertanian, agribisnis, teknik pangan, ilmu gizi, rekayasa pertanian, dan sejenisnya. Saat ini pendaftaran untuk tahun 2022 sedang dibuka, dan akan ditutup pada Juni 2022.

36. BEASISWA BOJONEGORO UNTUK MAHASISWA D4 DAN S1 (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SAAT INI SEDANG DIBUKA)

Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro juga turut menyelenggarakan beasiswa untuk mahasiswa S1 dan D4 dalam Program Beasiswa Bojonegoro. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa yang mempunyai KTP dan KK asli Bojonegoro. Saat ini pendaftaran untuk tahun 2022 sedang dibuka, dan akan ditutup pada bulan Maret serta Agustus 2022.

37. BEASISWA DIGITAL TALENT 2022 PELATIHAN GRATIS BIDANG DIGITAL UNTUK MAHASISWA D3, D4, S1 DAN UMUM (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SAAT INI SEDANG DIBUKA)

Beasiswa Digital Talent merupakan program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0. Untuk mahasiswa/i D3, D4 maupun S1 dapat mengikuti Fresh Graduate Academy (FGA) yang merupakan bagian dari Beasiswa Digital Talent. Berbagai tema ditawarkan dalam akademi ini dan telah bekerjasama dengan berbagai institusi maupun lembaga ternama. Pendaftaran untuk tahun 2022 saat ini sedang dibuka.

38. ARTAX SCHOLARSHIP BEASISWA UNTUK MAHASISWA S1 AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN (Pendaftaran Tahun 2022 sudah ditutup)

Program Artax Scholarship diselenggarakan oleh Artax untuk mahasiswa/i jurusan Akuntansi dan Perpajakan di Universitas Negeri maupun Swasta seluruh Indonesia dengan masing-masing total beasiswa Rp. 20.000.000,- selama 1 tahun masa perkuliahan. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh semester 3 s/d 6 jurusan Akuntansi/Perpajakan.

38. BEASISWA IISMA STUDI SINGKAT DI LUAR NEGERI UNTUK MAHASISWA S1 (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SAAT INI SEDANG DIBUKA)

Melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri selama satu semester yang dapat disetarakan hingga 20 SKS. Beasiswa yang diberikan berupa biaya perkuliahan di perguruan tinggi luar negeri, biaya perjalanan, biaya hidup, asuransi, dan lain-lain. Saat ini, pendaftaran Beasiswa IISMA sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 12 APRIL 2022.

39. BEASISWA ELEMENESIA PEMBIAYAAN SKRIPSI UNTUK MAHASISWA S1 TINGKAT AKHIR (PENDAFTARAN TAHUN 2022 SAAT INI SEDANG DIBUKA)

Beasiswa Elemenesia diselenggarakan oleh Elemenesia Foundation bagi mahasiswa S1 tingkat akhir yang melakukan penelitian skripsi dari jurusan sains, teknik dan bidang terkait lainnya. Nominal beasiswa yang diberikan berbeda-beda. Peserta dapat melampirkan anggaran dana yang dibutuhkan pada proposal penelitian. Saat ini, pendaftaran Beasiswa Elemenesia sedang dibuka dan akan ditutup pada tanggal 10 APRIL 2022.

Selain daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak lagi beasiswa yang disediakan dari berbagai instansi/yayasan. Pastikan lebih sering untuk mencari informasi beasiswa lainnya dari berbagai sumber, seperti website kampus, grup-grup beasiswa, milis, dan sebagainya. Follow juga Instagram @indbeasiswa dan Telegram @indbeasiswa untuk mendapatkan informasi beasiswa dan kegiatan pemuda terbaru.
Silakan dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan dan semoga bermanfaat.